Jakarta – Ratusan pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam DPP Garda NKRI berencana akan menggelar aksi unjuk rasa di Gedung PT Pelindo II, Jakarta, Rabu (13/12).

Ketua Umum DPP Garda NKRI, Haris Pertama mengatakan, aksi dilakukan karena pihaknya menilai bahwa masalah korupsi sudah sangat menggerogoti bangsa ini, salah satunya yang diduga terjadi di Pelindo II.

“Kita ketahui bersama bahwa KPK saat ini kurang melirik BUMN, salah satunya adalah PT Pelindo II. Indonesia adalah bangsa maritim sehingga penting untuk menata jalur pelabuhannya lebih Khusus pembangunannya tapi perlu juga diawasi teknis proses lelang proyeknya,” kata Haris di Jakarta, Sabtu (9/12). 

Dia menilai, sejumlah proyek di Pelindo II tidak transparan baik infrastruktur, pengadaan maupun di sejumlah anak perusahaan dan cabang Pelindo. 

“Di beberapa E-Procurement Pelindo II juga tidak memuat dan ter-update pengumuman secara keseluruhan proyek, seperti proyek pembuatan dermaga pelabuhan di cabang Priok, Teluk Bayur dan Jambi,” ujar Haris. 

Informasi yang dia terima juga ada dugaan monopoli proyek pengadaan seperti taman, pengolahan sampah kapal  dan lain sebagainya hampir di semua anak perusahaan dan cabang bahkan kantor pusat Pelindo II. 

“Padahal Anggaran CSR pelindo II hampir Rp 50 miliar dan anak-anak perusahaan serta cabang terkesan tidak berdampak bagi masyarakat,” ujarnya. 

Untuk itu, Haris sudah menginstruksikan kepada DPP Garda NKRI dan DPD Garda NKRI setiap provinsi untuk mengambil sikap terkait permasalahan ini dengan mengadakan aksi unjuk rasa secara serentak. 

“Saya juga meminta kepada KPK serta BPK untuk menyelidiki dan mengaudit secara terbuka semua proyek yang ada di Pelindo II,” pungkasnya. 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: